Jenis Olahan Usus Sapi Mulai dari Rendang Hingga Gongso

Olahan usus sapi merupakan bagian jeroan yang ternyata bisa menjadi berbagai hidangan masakan. Usus sapi juga tidak kalah nikmat seperti jeroan atau babat yang lain dengan dibuat hidangan khas Nusantara.

Usus sapi bisa dibuat berbagai olahan hidangan yang enak dengan resep khas Nusantara baik itu menjadi makanan pendamping nasi ataupun sebagai hidangan utama. Berikut ini beberapa jenis olahan usus sapi dalam negeri yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Olahan Usus Sapi

1. Rendang Usus Sapi

Rendang memang menjadi makanan khas Indonesia yang bahkan keberadaannya sudah cukup terkenal di mancanegara yang membuatnya sebagai ikonik dengan proses pembuatannya yang cukup lama. Meskipun begitu rendang tetap menjadi hidangan favorit dan biasanya tersedia di beberapa acara tertentu dengan konsep makan besar.

Pengolahan makanan rendang menggunakan bahan utama dari daging sapi tetapi sudah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan bumbu rendang dari bahan lain seperti usus. Rendang dari usus sapi ternyata juga memiliki cita rasa yang lezat apabila Anda bisa memasaknya dengan benar.

2. Gulai Tambusu

Olahan usus sapi yang lain salah satunya adalah gula tambusu yang merupakan olahan berkuah berasal dari Minang dan seringkali ditemukan di berbagai restoran ataupun tempat makan yang menghidangkan sajian dari wilayah nusantara. Makanan yang satu ini memiliki tampilan yang terlihat menarik karena kuahnya berwarna merah menggoda dengan rasanya yang begitu nikmat.

Tambusu adalah olahan dengan menggunakan bahan utama dari usus sapi dan dimasak bersama bumbu dan rempah-rempah lalu usus sapi ditambahkan isian tahu ataupun telur. Seringkali masyarakat menyebut tambusu sebagai sosis karena memiliki bentuk yang sangat mirip.

3. Sambal Kentang Usus Sapi

Sambal kentang sebagai salah satu makanan khas Nusantara yang dijadikan sebagai lauk pauk sehari-hari ataupun disediakan saat perayaan tertentu. Akan tetapi pembuatan sambal kentang usus sapi ini bisa dibuat tidak begitu pedas sesuai selera masing-masing.

Dalam menambahkan rasa dan aroma pada sambal kentang bisa diberikan ati ayam ataupun petai dan pastikan kentang memiliki tekstur yang lembut dan gurih. Olahan usus sapi menjadi sambal kentang hanya Sebagai tambahan saja seperti ati ayam untuk mendapatkan rasa berbeda dari biasanya.

4. Usus Sapi Goreng

Usus goreng memang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia karena banyak sekali yang menciptakan olahan usus goreng baik itu dari ayam atau sapi. Jika biasanya hanya melihat usus ayam goreng tentunya Anda juga bisa membuat sajian usus sapi goreng.

Bahan baku untuk bumbu halus yang perlu disiapkan tentunya tidak jauh berbeda seperti olahan usus ayam goreng yang diberikan bumbu dengan cara dilumuri sebelum mulai penggorengan. Cara ini digunakan untuk menghilangkan aroma atau bau tidak sedap dari usus sapi dan juga berguna untuk menambahkan cita rasa rempah yang lebih kuat.

5. Babat Iso Gongso

Olahan usus sapi adalah makanan khas Jawa Tengah yang menggunakan banyak bumbu rempah sebagai penambah cita rasa hidangan yang lezat dan nikmat. Seperti pembuatan olahan jeroan babat iso gongso yang biasanya diberikan tambahan iso ataupun usus sapi dengan proses memasaknya yang ditumis.

Akan tetapi sebelumnya jeroan tersebut harus direbus terlebih dahulu supaya aroma amisnya memudar dan teksturnya lebih lunak. Perlu diperhatikan untuk proses pengolahan karena bahan yang digunakan cukup banyak supaya bisa menghasilkan olahan gongso yang nikmat.